Daftar Merk Oli Untuk Suzuki GSX R150 Beserta Harganya

Rekomendasi Oli Suzuki GSX R150

Rekomendasi Oli untuk Suzuki GSX R150 – Motor sport berkapasitas 150cc ini pertama kali dirilis di Indonesia pada tahun 2017 dan sampai saat ini tak ada perubahan drastis dari segi tampilannya. Meski begitu, Suzuki GSX banyak diminati karena terkenal dengan harganya yang murah namun performanya tinggi, bahkan diklaim paling kencang di kelasnya.

Untuk perawatan motor sendiri pastilah tiap pengguna punya preferensi masing-masing soal oli apa yang cocok untuk Suzuki GSX R150. Demi meningkatkan performa motor, pengguna biasanya menggunakan oli yang ‘mahal’. Namun oli tersebut belum tentu cocok untuk si GSX ini.

Kapasitas oli di GSX adalah 1,3 liter atau 1300 ml, untuk kekentalan olinya sendiri direkomendasikan SAE: 10W-40. Berikut ini daftar rekomendasi oli motor Suzuki GSX R150.

Rekomendasi Oli Suzuki GSX-R150

1. Suzuki Genuine Oil (SGO)

Suzuki Genuine Oil

Saat dirilis tahun 2017, di waktu yang sama Suzuki juga meluncurkan oli motor Suzuki GSX yang takarannya dibuat pas, yakni 1300 ml. Hal ini juga lebih praktis mengingat oli yang beredar dipasaran kebanyakan berukuran 800 ml jadi harus beli 2 botol. Oli SGO dibuat pas dengan kapasitas dan tingkat kekentalannya cocok dengan karakter mesin Suzuki.

Oli SGO diklaim sanggup menghemat bahan bakar dan memberikan kemudahan saat menyalakan mesin dalam kondisi dingin. Selain itu juga menjaga usia mesin lebih panjang karena buatan Suzuki jadi sudah pasti cocok dengan motornya.

Untuk mendapatkan Suzuki Genuine Oil paling mudah adalah mendatangi bengkel resmi Suzuki, harga olinya kisaran Rp 65.000;

2. Shell Advance Ultra

Shell Advance Ultra

Oli yang cocok untuk Suzuki GSX R150 yang selanjutnya adalah Shell Advance Ultra. Ya, nama dari Shell sendiri sudah sangat terkenal dan memang kualitasnya tidak diragukan lagi.

Shell mempunyai tingka kekentalan 10W-40 jadi memang sangat cocok untuk mesin GSX, selain itu bahan yang digunakan adalah synthetic sehingga performa oli terhitung lebih baik dibanding merk lainnya.

Namun sayangnya ukuran botolnya tidak ada yang 1,3 liter, jadi mungkin kamu harus membeli dua botol sekaligus. Untuk harga satu botol sekitar Rp 95.000

3. TOP 1 MC Series

TOP 1 MC Series

Oli yang satu ini sangat direkomendasikan sebagai oli Suzuki GSX R150 terbaik dan berkualitas. Seperti Shell, TOP 1 menggunakan bahan dasar sintetik yang sangat cocok untuk meningkatkan performa dan kinerja mesin di motor sport.

Kualitas TOP 1 Mc Series bahkan melampaui standar oli pabrikan yang mempu meminimalisir gesekan mesin bahkan perpindahan gigi terasa sangat mulus. Jadi tidak heran kalau merk yang satu ini dikatakan cocok dengan mesin Suzuki GSX 150.

Untuk harga dari TOP 1 MC Series ini terbilang murah, hanya sekitar Rp 35.000 untuk ukuran 800 ml, jadi kamu musti beli dua botol.

4. Motul Ester 5100 10w-40

Motul Ester 5100

Urutan selanjutnya sebagai oli yang cocok untuk Suzuki GSX R150 adalah Motul Ester 5100. Mungkin saat pertama kali mencobanya kamu langsung merasakan perbedaan dalam getaran mesin dan perpindahan gigi yang halus bahkan saat mesin bekerja di RPM atas.

Baca jugaCara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online & Offline (Kantor Samsat)

Motul Ester juga membuat mesin GSX jadi lebih dingin, kipas radiator pun jarang menyala meskipun digunakan untuk waktu yang lama atau jarak yang jauh. Bahan yang digunakan adalah Full Synthetic sehingga performanya stabil dan lebih awet dibanding oli berbahan mineral atau semi synthetic.

Harga untuk Motul Ester berkisar antara Rp 100.000 – Rp 150.000 untuk ukuran 1 liter.

5. BM1 Gold Series

BM1 Gold Series

Oli mesin Suzuki GSX selanjutnya adalah merk BM1. Keunggulan yang paling berasa adalah mampu membersihkan mesin dengan menghilangkan endapan kotoran dari pelumas mineral sebelumnya, serta mampu menjaga mesin tetap stabil dan membuat usia mesin lebih panjang.

BM1 Gold Series berbahan full synthetic yang dibuat khusus dengan presisi tinggi, mengandung PC-AFA, membuat penurunan tingkat gesekan, memberikan kenyamanan berkendara.

Harga oli BM1 di pasaran sekitar Rp 130.000 untuk ukuran 1 liter.

6. Castrol Power 1 Racing

Castrol Power 1 Racing

Oli ini dibuat khusus bagi pengguna yang menginginkan performa tinggi untuk motornya. Oli ini diklaim bisa melindungi mesin dan memastikan motor mampu berlari lebih kencang.
GSX R150 yang menggunakan mesin 4 tak bisa melaju lebih kencang dibanding biasanya, padahal kecepatan standarnya sendiri sudah cukup kencang.

Castrol mampu melindungi mesin GSX maupun kopling dan girboks, hal itulah yang diungkapkan oleh pihak Castrol Indonesia.

Harga Castrol Power 1 Racing yang berbahan sintetis dibanderol sekitar Rp 96.000.

7. Top 1 Action Plus

Top 1 Action Plus

Pelumas dengan bahan baku base oil semi sintetik berkualitas tinggi dan aditif khusus yang melindungi dari oksidasi suhu tinggi, keausan, dan kerusakan viskositas. Diperkaya dengan aditif detergen-dispersan serta penghambat korosi dan karat untuk menjaga agar mesin tetap bersih dan bebas dari lumpur, kerak dan karat.

Dalam standarisasi sendiri Top 1 Action Plus melebihi spesifikasi dari API SJ Jaso MA2 dan cocok untuk mesin berperforma tinggi seperti GSX R150. Kelebihannya, oli ini melindungi mesin dari beban kerja berat secara efektif dan sangat cocok untuk tipe mesin 4 tak.

Harganya berikisar Rp 51.000 untuk ukuran 800 mL.

8. Liqui Moly Street

Liquil Moly Street

Oli buatan Jerman ini juga cocok untuk GSX R150, khususnya bagi pengendara yang ingin performa motor makin kencang. Berbahan sintetik yang membuatnya mampu mengeluarkan potensi motor dengan maksimal, di antaranya:

  • Shifting lebih halus dan presisi
  • Suhu mesin terjaga dingin
  • Performa tarikan lebih bertenaga
  • Suara mesin lebih halus
  • Cocok untuk balap dan Turing
  • Melindungi part mesin lebih maksimal
  • Kebersihan mesin yang luar biasa
  • Sudah teruji untuk Catalytic Converter
  • Cocok untuk Wet Clutches (kopling basah)

Harga dari Liquil Moly Street 10W-40 adalah Rp 160.000 untuk ukuran 1 liter.

9. Enduro Racing

Enduro Racing

Merk keluaran PT Pertamina Lubricants ini cucuk untuk mesin 4 tak dengan kekentalan SAE 10W-40. Oli ini dibuat untuk pengguna yang menginginkan harga terjangkau namun juga pas dengan spesifikasi motor.

Pelumas satu ini telah lolos uji variable speed firction test untuk klasifikasi JASO MA2. Enduro handal untuk mengendalikan tempratur mesin dan tidak mempuat slip kopling, selain itu juga mampu mencegah terbentuknya deposit pada piston dan mencegah korosi.

Harga Enduro Racing ukuran 0.8 liter dibanderol Rp 45.000 saja.

10. Uni Opal Racing

Uni Opal Racing

Oli yang satu ini juga cocok untuk karakter mesin GSX R150 karena mampu membuatnya berakselerasi lebih cepat dan mampu mencapai top speed lebih mudah. Selain itu getaran mesin di RPM tinggi terasa halus dan mesin tidak mudah panas meskipun dipakai lama.

Kebilan lebih rinci bisa dilihat di bawah ini:

  • Shifting halus
  • Tenaga padat
  • Akselerasi cepat
  • High RPM gurih
  • Raungan mesin padat
  • Getaran mesin halus
  • Mesin tidak cepat panas
  • Cocok untuk stop and go

Unil Opal Racing merupakan oli pelumas mesin untuk beberapa jenis mesin, sehingga dapat meningkatkan kinerja motor, melindungi & membersihkan mesin, serta memperpanjang usia mesin Suzuki GSX R150.

Harganya Rp 85.000 untuk ukuran 1 liter.

11. Oli Ecstar R9000

Oli Ecstar R9000

Untuk spesifikasinya, Ecstar 10W-40 SL MA Full Synthetic R9000 merupakan pelumas dengan teknologi full sintetis dan diklaim bisa hemat bahan bakar. Pelumas ini digunakan untuk mesin Suzuki berbahan bakar bensin yang mensyaratkan viskositas 10W-40.

Ecstar memiliki keunggulan berupa kandungan Molybdenum yang mampu mengurangi gesekan (minim friksi), sehingga kerja mesin menjadi lebih ringan. Ecstar juga digadang akan menggantikan peranan SGO, jadi pantas saja ukurannya dibuat 1.3 liter sama dengan kapasitas oli mesin GSX.

Harga Ecstar R9000 dengan ukuran 1.3 liter dibanderol Rp 85.000.

Fungsi Oli Untuk Mesin GSX R150

Oli adalah hal yang sangat mendasar yang dibutuhkan oleh setiap kendaraan. Fungsi dari oli adalah melumasi kompenen di dalam mesin, melindungi mesin dan membersihkan ruang mesin dari sisa pembakaran. Oli juga berguna untuk mendinginkan suhu mesin supaya tidak overheat, menambah performa, merapatkan celah antara piiston dan silinder, meredam getaran, dan suara sampai mencegah komponen mesin berkarat.

Oleh sebab itu kamu harus memilih oli yang cocok untuk Suzuki GSX milikmu, salah-salah malah mengurangi performa bahkan membuat mesin cepat panas. Menilik buku panduan pemilik, Suzuki merekomendasikan oli mesin dengan spesifikasi 10W-40 dan diganti tiap menempuh jarak 3.000 km atau tiap dua bulan sekali.

Bagaimana Kalau Kita Salah Pilih Oli?

Seperti disinggung sebelumnya, jika kamu salah memilih oli untuk motor GSx R150 bisa saja mengakibatkan masalah yang serius jika terus dilakukan. Apa saja efek pemilihan oli yang salah untuk mesin?

  • Performa mesin akan menurun, hal ini terjadi karena pelumasan pada bagian dalam mesin tidak optimal sehingga kinerja mesin juga tidak maksimal.
  • Konsumsi bahan bakar akan semakin boros. Karena kerja mesin tidakl optimal, tentu saja mesin akan bekerja lebih keras dari biasanya. Konsumsi bahan bakar yang diperlukan juga semakin banyak dan membuat mesin juga akan lebih cepat panas.
  • Bisa merusak bagian dalam mesin, pelumasan yang tidak optimal akan membuat gesekan di mesin terjadi secara langsung. Hal ini dapat merusak komponen mesin lebih cepat.

Berapa Kapasitas Oli Suzuki GSX-R150?

Kapasitas olinya sendiri 1.3 liter, sebuah angka yang ganjil sehingga membuat pengguna kesulitan mencari takaran oli yang pas dalam satu botol. Sejauh ini oli dengan kapasitas 1.300 mL hanya Suzuki Genuine Oil (SGO) dan Ecstar saja.

Oleh sebab itu jika kita ingin membeli merk lain maka mau tidak mau kita harus membeli dua botol sekaligus.

Harga Oli Suzuki GSX R150

Jika melihat dari daftar oli di atas maka harga yang paling rendah adalah Top 1 MC Series yang dibanderol Rp 35.000 untuk 800 mL dan yang paling mahal adalah Liqui Moly Street yang dibanderol Rp 160.000 ukuran 1 liter. Silahkan pilih oli yang sesuai dengan kebutuhan serta pastikan ramah di kantong.

Kapan Waktu yang pas untuk ganti oli?

Menurut Indrawan kepala mekanik Suzuki Sejahtera Motor Gemilang (SMG) di bilangan Sunter, Jakarta Utara, oli mesin Suzuki GSX-R150 disarankan ganti tiap kelipatan 2.000 km pemakaian.

Namun pada umumnya pergantian oli bisa dilakukan setelah 3.000 km sejak ganti oli sebelumnya atau tiap dua bulan sekali, tinggal tunggu saja mana yang lebih cepat tercapai.

Demikian artikel tentang rekomendasi oli Suzuki GSX R150, semoga dapat membantu kamu dalam mencari informasi seputar perawatan kendaraan. Terimakasih sudah membaca, semoga harimu menyenangkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *